AKSI (Apresiasi dan Kreasi Seni)

APRESIASI DAN KREASI SENI (AKSI)

LOGO PDSENI


AKSI adalah kegiatan ektrakurikuler sebagai wadah untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam hal-hal yang sifatnya non-akademis. Pada kegiatan non-akademis inilah, AKSI memberikan tempat bagi tumbuh-kembangnya beragam bakat dan kreativitas. Hal itu bertujuan untuk menyatukan semua jenis kesenian yang ada di SMAN 11 Garut dan mewujudkan siswa yang memiliki kebebasan berkreasi, tetapi juga memiliki budi pekerti yang baik. Pada kegiatan AKSI inilah siswa diarahkan untuk dapat memahami dan mengembangkan bakat serta kemampuannya sehingga dapat menciptakan individu yang berkarakter dan mampu mengembangkan diri sesuai kemampuannya.

VISI

Mewujudkan insan yang Inovatif, Kreatif, serta Smart

MISI

  • Meningkatkan Kreatifitas dan Kwalitas Karya Seni siswa di sekolah .
  • Meningkatkan Apresiasi dan Kreasi Seni siswa dalam mencintai kebudayaan dan mampu berkarya secara kreatif.
  • Meningkatkan prestasi dan profesional siswa sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Kegiatan Ekrakulikuler AKSI mulai berdiri tahun 2012 yang ingin mewadahi semua jenis kegiatan kesenian yang sudah ada tetapi sifatnya berdiri sendiri , eksktrakulikuler AKSI ini di bawah bimbingan Susy Susilariny, S.Pd.M.Pd. Kegiatan ekstrakurikuler AKSI yang ada di SMA N 11 Garut terdiri dari lima jenis Kesenian, yaitu :

Teater Sangsetia

Teater Sangsetia di gagas oleh beberapa alumni yang prihatin akan minat dan bakat seni khususnya seni sastra dan Drama siswa – siswi di SMAN 1 (sebelum berganti menjadi SMAN 11 Garut) yang tidak ada wadah untuk dikembangkan, baik dalam pembacaan puisi, berkarya sajak atau acting bahkan dalam seni-seni yang lainnya (musik,rupa).
Pada mulanya bernama Teater Itu Apa, dengan dasar filosofisnya bahwa para anggota pada intinya dari ketidaktahuan dan terus bertanya dan mencari akan arti dari Teater. (Semakin Tahu aku tahu bahwa aku tidak tahu). Atas dukungan dan disambut oleh Ibu Dra. Hj. Elis Hidayah,SH,M.Pd. (Guru Bahasa Indonesia) dan Bapak H. Agus Darsono M.Pd. dengan pembina teknisnya kang Fahroe (alumni STSI Bandung jurusan Teater) maka didirikanlah Sanggar Seni TEATER ITU APA pada hari Senin tanggal 14 April 2003 dan diresmikan oleh Bapak Drs. Bambang Widyatmoko, MM (kepala sekolah saat itu).

Seiring berjalannya waktu dengan dinamika keorganisasian di SMAN 1 Garut, Teater Itu Apa berganti nama menjadi SANGSETIA, dengan dasar dan filosofi dari ketidaktahuan, pencarian dan komitmen dengan teater untuk berbagi antar sesama.

Teater Sangsetia hingga kini telah meregenerasi anggotanya dalam sembilan angkatan (disebut GEN). Adapun para penggagasnya yaitu : INDRA JAYA, INDA NUGRAHA, HANDI KUSMAYADI, dan AGUNG GUNAWAN.

Karawitan

Karawitan SMA N 11 Garut berdiri tahun 2009, Namun waktu itu belum begitu aktif dikarenakan banyak hal. Tapi mulai tahun 2010 berkat dukungan Bapak kepala Sekolah Drs. H. Suhendi Mardani M.Pd. dan para wakasek serta berbagai pihak, karawitan SMA Negeri 11 Garut berkembang apalagi dengan di dukung oleh seorang guru profesional lulusan STSI bernama Rinto Rusmawan, S.Sen. Berkat kegigihan pelatih dan keantusiasan siswa yang benar-benar ingin berlatih dan serius di bidang karawitan, maka karawitan art ( nama organisasi karawitan SMA N 11 garut) mulai terlihat prestasinya apalagi setelah meraih juara pertama festival musik tradisional se Jawa Barat, dan akhirnya dikenal oleh kalangan pejabat pemerintahan, dan suka di undang untuk pentas dalam acara acaranya. Kegiatan yang rutin diikuti oleh karawitan SMAN 11 Garut adalah Prosesi Gebyar Hari Jadi Garut, yang setiap tahunnya karawitan SMAN 11 Garut terlibat di dalammya.

Bina Vokalia

Bina Vokalia adalah Seni olah vocal yang dialunkan dengan merdu dan teratur yang dapat melahirkan rasa keindahan bernyanyi bersama-sama dalam beberapa suara yang dipadukan, sudah ada sejak tahun 2006, yang waktu itu namanya masih Kelompok Paduan Suara SMA 1 Garut dibawah bimbingan Drs. Agus Darsono, M.Pd., Drs. Yayat Supriatna M.M.Pd dan Susy Susilariny,S.Pd.M.Pd. Karena berbagai kesibukan yang dialami oleh para pembina, maka tahun 2007, sekolah memutuskan merekrut pelatih yang lebih profesional yaitu Dini Novianti, S.Pd. dan Dani Wulida, S,Pd. lulusan UPI Bandung jurusan Seni Musik. Dari situlah banyak siswa yang tertarik ikut kelompok paduan suara dan berganti nama menjadi Bina Vokalia. Karena keseriusan anggotanya dalam berlatih , dari situ pun muncul bakat- bakat para siswa dan dibuktikan dengan prestasi yang diraih oleh mereka.
Tahun 2008 dan 2009 kelompok Bina Vokalia meraih juara 2 dalam lomba Rampak Sekar se kabupaten Garut, dan dari situlah kelompok Bina Vokalia SMA N 11 Garut sering mengisi acara seperti pengukuhan Paskibraka kabupaten, upacara hari besar atau kegiatan – kegiatan yang bersifat hiburan. Selain berkelompok, personal dari bina vokalia pun sudah menorehkan prestasi di tingkat kabupaten, bahkan sampai ketingkat nasional. Terbukti tahun 2013 Shella Agustian meraih juara ke- 3 solo vokal di ajang FLS2N tingkat nasional di Medan, di susul tahun 2014 Nada Destyara meraih juara ke- 1 solo vokal di ajang FLS2N tingkat nasional di Semarang. Begitupun Muhamad Raudia meskipun sampai finalis 10 besar solo vokal di ajang FLS2N tingkat nasional tapi membawa nama baik SMAN 11 Garut di tingkat nasional. Selain itu personal bina vokalia ada yang meraih prestasi sebagai juru kawih baik tingkat kabupaten maupun tingkat Propinsi Jawa barat. Mereka adalah Ira Apriani pinunjul ka 3 kawih pupuh tingkat Jawa Barat di UPI Bandung tahun 2014,dan Muhamad Raudia pinunjul ka 1 kawih pupuh tingkat Jawa Barat di UPI Bandung tahun 2014 serta Nada Destyara pinunjul ka dua kawih pupuh tingkat Jawa Barat di UPI Bandung tahun 2015.

Seni Tari

Pengembangan diri seni tari merupakan wadah bagi para siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang olah gerak tubuh yang terwujud dalam sebuah gerakan yang teratur dan indah pada sebuah tarian yang berasal dari budaya Indonesia. Kegiatan seni tari ini baru eksis di SMAN 11 Garut tahun 2011, Pada masa perkembangannya kelompok seni tari ini begitu aktif dan antusias dalam mengikuti latihan, apalagi dibarengi dengan bantuan seorang pelatih profesional yaitu Destri Sri Mulyani, S.Pd. lulusan Seni Tari UPI Bandung. Kelompok seni tari ini tiap hari sabtu mengikuti latihan, dan sampai sekarang kelompok seni tari sudah mempunyai anggota sekitar 50 orang. Meskipun belum cukup lama , kelompok seni tari sudah bisa memperlihatkan bakatnya, dan menorehkan prestasi baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat propinsi. Terbukti dari tahun 2013 sampai tahun 2015 personal seni tari menjadi duta kabupaten diajang FLS2N tingkat propinsi meskipun belum berhasil meraih juara. Selain itu personal seni tari ada 2 orang yang menjadi duta kesenian ke Jepang, Mereka adalah Tegar Pamungkas dan Trisna. Kegiatan yang rutin diikuti oleh Seni Tari SMAN 11 Garut adalah Prosesi Gebyar Hari Jadi Garut, yang setiap tahunnya personal Seni Tari SMAN 11 Garut terlibat di dalammya sama seperti karawitan.

 

STUDIO SEBELAS

studi

Studio Sebelas merupakan ekstrakurikuler yang menjadi tempat bagi siswa SMAN 11 Garut dalam mengembangkan kreativitas di bidang Seni Rupa, Desain Grafis, Fotografi, Cinematografi, dan Jurnalistik. Dalam menjalankan kegiatannya Studio Sebelas yang berada si sekbid 9 OSIS SMAN 11 Garut, memiliki berbagai macam kegiatan yang berisi penyampaian karya seni yang creative dan komunikative melalui jalan yang berbau teknologi dan ilmu komunikasi. Guna mengembangkan potensi siswa siswi SMAN 11 Garut tidak hanya di bidang karya seni namun di dalam penggunaan sumber daya komunikasi secara global dan bisa! Membangun siswa siswi untuk bisa lebih banyak berkarya, lebih dari yang mereka harapkan.

Arti dari lambang Studio Sebelas sendiri; gabungan huruf G dan ngka 11 yang merupakan ciri khas SMAN 11 Garut dibentuk seperti pensil yang menandakan sebuah kreativitas di mulai dari sebuah pensil; warna putih sebagai ciri elegan atau classic sebuah organisasi; tulisan STUDIO SEBELAS yang merupakan nama dari organisasi di sekbid 9 OSIS.

Tujuan dari ekstra kulikuler Studio Sebelas adalah memajukan serta mengmbangkan kreativitas siswa/i SMAN 11 Garut di dalam bidang TIK dan komuniksai dengan menyatukannya lewat bakat seni yang digabungkan hingga membuat karya tersendiri untuk diparesiasi oleh banyak khalayak.

Lewat berkarya, Studio Sebelas akan memajukan siswa/i untuk terus maju melewati berbagai macam rintangan dunia seni dengan tantangan persaingan global secara internasioal